Langsung ke konten utama

Masalah-masalah terkait zakat


 📚✏

*MASALAH - MASALAH TERKAIT ZAKAT*


*A.  Delapan golongan yg berhak menerima zakat*

Delapan golongan yg berhak menerima zakat adalah :

 1.) Orang faqir.

Yaitu : orang yg tdk mempunyai  harta dan tdk mempunyai pekerjaan sama sekali atau mempunyai harta 

atau pekerjaan tetapi tdk memcukupi  kebutuhanya.

contoh: sebulan kebutuhanya Rp. 500.000,- tetapi ia cuma mendapatkan uang  Rp. 250,000,- 

الفقير : وهو الذي ليس له مال ولا كسب أصلا, أو له كسب أو مال ولكن لا يقع مو قعا من كفايته..

2) Orang miskin.

yaitu  : orang yg mempunyai harta atau pekerjaan dan bisa dibuat utk kebutuhannya, tetapi tdk mencukupi utk kebutuhannya, karena ia hanya mepunyai lebih  separo dari kebutuhannya.

contoh sebulan ia membutuhkan Rp. 500,000,-  tetapi ia hanya mempunyai uang sebanyak Rp. 400,000,-  .

المسكين : وهو الذي له مال أو كسب يقع موقعا من كفايته ولا يكفيه,بأن يحصل فوق نصف ما يكفيه..

3).Amil .

yaitu  : orang yg mendapat tugas dari pemerintah (Imam) untuk 

menarik zakat dan membagikannya kpada para mustahiq tanpa ada gaji yg ditetapkan dari kas negara,  

Adapun panitia zakat yg ada di masjid2 adalah bukan termasuk amil yg berhak menerima zakat karena tidak ada mandat sama sekali dari pemerintah,  setatus mereka hanyalah wakil dari muzakki.

العامل: ويسمى الساعي,وهو الذي يستعمله الحاكم في أخذ الزكوات من أربابها وصرفها إلى مستحقيها,فيعطى من الزكاة وإن كان غنيّا,هذا إن لم يجعل له الحاكم أجرةً من بيت المال,وإلا فلا يُعطى.

4).Muallafah qulubuhum.(orang yg dijinak-jinakkkan hatinya). 

Diantaranya yaitu :

a.  orang masuk islam yg niatnya masih lemah,  maka agar niatnya kuat diberikan zakat utknya, 

b.  Orang yg masuk islam dan niatnya sudah kuat, akan tetapi ia adalah  orang yg terpandang di masyarakatnya, maka diberikan zakat untuknya dg harapan bisa menarik lainnya untuk masuk islam.

C. Orang yg masuk islam dan sudah kuat dalam islamnya  dan ia mampu mengantisipasi tindakan  buruk atau teror dari orang-orang kafir atau para pemberontak/bughot.

اما مؤلفة الكفار وهم من يرجى اسلامهم او يخاف شرهم فلا يعطون من الزكاة ولاغيرها. (توشيح)

5).Budak mukatab : budak yg melakukan akad kitabah kpd tuannya , yakni mengangsur pembayaran dirinya kpda tuanyya untuk merdeka.

Maka ia diberikan zakat untuk membantu pembayarannya atau penebusannya untuk merdeka. 

٥) المكاتب: وهو من كاتبه سيده كتابة صحيحة,فيعطى من الزكاة ليساعده ذلك في التحرير من 

الرق.

6).Ghorim (orang yg berhutang) : 

a.  orang yg berhutang untuk mereda adanya fitnah di antara dua kelompok , maka ia diberikan zakat meskipun ia kategori orang mampu.

b.orang yg berhutang untuk kebutuhannya sendiri dan sudah sampai jatuh temponya sedangkan ia belum mampu melunasinya, maka ia diberikan zakat untuk melunasi hutangnya. 

c.  Orang yg berhutang untuk kemaslahatan umum,  misalnya untuk pembangunan masjid, menyuguh tamu  , meskipun ia orang yg mampu, 

 maka ia bisa menerima zakat untuk digunakan membayar hutangnya. 

7). Sabilillah  : orang yg berperang tanpa pamrih yg tidak mendapatkan bayaran dari instansi terkait , maka ia diberikan zakat untuk bekal kebutuhannya dalam berperang . 

اما سبيل الله فهم الغزاة الذين لاسهم لهم في ديوان المرتزقه بل هم متطوعون بالجهاد.  فيعطون ولواغنياء اعانة لهم على الغزو. 

8). Ibnu al-sabil .

yaitu : orang yg bepergian atau yg hendak bepergian yg tidak mempunyai bekal hidup dan bekal untuk mengantarkannya ke tempat tujuannya. 

*B.  Membayarkan zakat tidak tepat sasaran*

 Apabila ada seseorang yang salah menyalurkan zakatnya kepada orang yang sebenarnya tidak berhak menerimanya, maka kewajiban zakatnya belum gugur, meskipun saat memberikan ia memiliki dugaan kuat kalau ia tidak salah sasaran.

 ia tidak boleh menarik kembali hartanya dari si penerima kecuali jika ketika memberikan zakatnya ia memberitahu kepada penerima bahwa ia memberikannya sebagai zakat wajib, maka boleh menarik kembali kemudian ia mengeluarkan zakat lagi. 

Tetapi jika yang salah menyalurkan adalah imam(pimpinan negara) atau badan amil zakat yg mendapatkan mandat dari imam, maka si pemilik harta sudah bebas dari tanggungan zakat. Sementara itu, imam harus menarik kembali harta zakat dari si penerima dan kemudian menyalurkannya kepada orang yang berhak menerima zakat.

Referensi :

1. I'anatuttholibin juz:2 ha:200

ولو أعطاها اي الزكاة ولو الفطرة لكافر او من به رق ولو مبعضا غيرمكاتب اوهاشمي او مطلبي 

— الى. ان قال  — 

او غني.  وهو من له كفاية العمر الغالب على الاصح.  وقيل من له كفاية سنة او الكسب الحلال. 

او مكفي بنفقة قريب من اصل او فرع او زوج بخلاف المكفي بنفقة متبرع.  لم يجزئ ذلك عن الزكاة ولاتتأدى بذلك ا‘ن كان الدافع المالك وان ظن استحقاقهم.

ثم ان كان الدافع  يظن الاستحقاق الامام برئ المالك


2. Almuhadzdzab juz:1 hal:175


(فصل)

فان دفع الامام الزكاة الى من ظاهره الفقر ثم بان انه غني لم يجزه ذلك عن الفرض فان كان باقيا استرجع منه ودفع الى فقير  الخ 

—  الى أن. قال  —

وان كان الذي دفع اليه رب المال فان لم يبين عند الدفع انه زكاة واجبة لم يكن له ان يرجع لانه قد يدفع عن زكاة واجبة  وعن تطوع . فان ادعى الزكاة كان متهما فلم يقبل قوله ويخالف الامام فان الظاهر من حاله انه لايدفع الا الزكاة فثبت له الرجوع.  وان كان قد بين انه زكاة رجع فيها ان كانت باقية وفي بدلها ان كانت فائنة .فان لم يكن للمدفوع اليه مال فهل يضمن رب المال الزكاة.  فيه قولان احدها لا يصمن لانه دفع اليه بالاجتهاد كالامام. والثاني يضمن لانه كان يمكنه ان يسقط الفرض بيقين بان يدفعها الى الامام فاذا فرق بنفسه فقد فرط فلزمه الضمان بخلاف الامام. 

وان دفغ الزكاة الى رجل ظنه مسلما وكان كافرا اوالى رجل ظنه حرا فكان عبدا فالمذهب ان حكمه حكم مالودفعها الى رجل ظنه فقيرا فكان غنيا. 

ومن اصحابنا من قال : يجب الضمان ههنا قولا واحدا لان حال الكافر والعبد لا يخفى فكان مفرطا في الدفع اليهما وحال الغني قد يخفى فلم يكن مفرطا

*C.  Tidak mampu mengeluarkan zakat fitrah satu sho' maka keluarkanlan zakat semampunya.*

Barang siapa yg tidak mampu membayarkan zakat fitrahnya sebanyak  1 sho' (± 2.5 kg beras putih)  maka ia tetap wajib mengeluarkan zakat sebagian dari satu sho'  yg ia mampu untuk membayarkan zakat fitrahnya. sebagaimana yg telah disebutkan dalam kitab Qutu Al-habib al-ghorib karya Syeh Muhammad Nawawi Albantani.  hal :108.

ومن لم يوسر بصاع بل ببعضه لزمه ذلك البعض.  محافظة على الواجب بقدر الامكان.  

🌴

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RUMUSAN JAWABAN PERTANYAAN-PERTANYAAN DI FORUM KAJIAN ILMU AGAMA ISLAM DI MASJID BAITURROHIM PRAMBATAN LOR

 RUMUSAN JAWABAN  ASILAH DALAM  FORUM KAJIAN ILMU AGAMA ISLAM DI MASJID BAITURROHIM PRAMBATAN LOR. MASALAH NO :1 TENTANG IMAM SUBUH YG TIDAK MEMBACA DO'A QUNUT.  Latar belakang mas'alah : Imam musholla di daerah kami, setiap jama'ah sholat subuh  sering sekali tidak membaca do'a qunut seperti  umumnya di masjid-masjid lain. Pertanyaan : 1.bagaimanakah hukum sholat makmum yg mengikuti imam yg tidak membaca qunut? 2. Bagaimanakah seharusnya, sikap makmum tsb? _(Sail :Bpk.Ali Sobri )_ Jawab : 1.Hukum membaca do'a qunut adalah sunah dan  termasuk bagian dari sunah ab'adl, jika ditinggalkan maka disunnahkan sujud sahwi . Maka karena itu, bermakmum kepada  imam yg tidak membaca do'a qunut hukumnya adalah sah, akan tetapi setelah imam salam , makmum tersebut disunnahkan sujud sahwi. 2. Apabila makmum tersebut masih ada kesempatan untuk  membaca do'a qunut maka ia masih disunnahkan membaca do'a qunut, _(jika dg  membaca do'a qunut,  makmum ...

HUKUM BERTATO DAN HUKUM MENGHILANGKANNYA SERTA KEABSAHAN MANDI DAN BERWUDLUNYA.

HUKUM BERTATO DAN HUKUM  MENGHILANGKANNYA SERTA KEABSAHAN MANDI DAN BERWUDLUNYA. 1.Latar belakang masaalah : Saya  mempunyai teman mahasiswa yang bertato, pada suatu ketika teman saya menyampaikan hal-hal yg mengganjal dalam hatinya  kepada saya, yaitu  tentang hukum bertato dan tentang keabsahan wudhu, mandi dan sholatnya bagi orang yang bertato,  Pertanyaan: A.bagaimana hukum bertato? B. apakah tato yg ada di tubuhnya wajib dihilangkan?  C.Apakah bertato bisa mencegah keabsahan wudhu /mandi  dan sholatnya? Sa'il : Faruq(Santri mahasiswa UMK) Jawab :  A. Hukum Menato/bertato (wasymu) adalah haram, dan sudah tentu keharaman ini jika dilakukan dg keinginannya sendiri di saat ia sudah mukallaf. Catatan : _(Bertato yaitu menusuk kulit dengan jarum sehingga keluar darah lalu diisi dengan zat pewarna atau zat warna biru dari pohon nila agar menjadi hijau atau biru karena bercampur darah yang keluar)_ B .tato wajib dihilangkan  ,jika  bertaton...

Ustadz Ahmad Wahid Mubarok. Prambatan lor Kaliwungu Kudus

 Alustadz, A. Wahid Mubarok,  pendiri Majlis Ta'lim Ziyadatul Khoir. (Wafat : Selasa  27 Juli 2021 H.), Dia adalah  pendiri Majelis ta'lim "Ziyadatul Khoirul " mush. Darussalam Prambatan lor Kaliwungu Kudus. Pak Ahmad Wahid Mubarok  adalah alumni madrasah Tasywiquttullab (TBS) mulai MI ,MTs dan lulus madrasah Aliyah . setelah itu melanjutkan studinya di ponpes Alhidayah Lasem yg di Asuh oleh KH.A.Syakir Ma'sum. Semasa hidupnya ia pernah aktif di GP. Anshor ranting Prambatan lor dan juga pernah menjabat ketua Remaja Masjid Baiturrohim Prambatan lor.  Di saat ia menjabat ketua remaja masjid Baiturrahim, dg merangkul dan menggerakkan para pemuda pada saat itu, dia mendirikan "Jam'iyyah Sholawat Nariyah dengan mendapatkan sanad dari KH.A.Syakir Ma'sum Lasem " .Jam'iyyah tersebut  diberi nama Jam'iyyah sholawat "Hubbur rosul". dg berharap semoga para anggotanya Istiqomah membaca sholawat kepada Nabi Muhammad Saw , karena tertanam dal...