Langsung ke konten utama

SHOLAT ID (Sholat Hari raya


 SHOLAT  ID

A. Pengertian

Sholat Id adalah sholat dua rokaat yg dilaksanakan pada hari raya idul fitri atau idul adlha dengan ditambah takbir tujuh kali setelah takbirotul ihrom pada rekaat yg pertama dan takbir lima kali dalam rekaat ke dua selain takbir saat berdiri .

B. Dasar hukum

1.Dasar hukum sholat Id adalah firman Alloh swt :

2 فصل لربك وانحر .الكوث ر

Artinya:

"Maka sholatlah kamu kpada tuhanmu dan menyembelihlah..!"

Sebagian ulama mengatakan bahwa yg dimaksud dg sholat dlm ayat tsb. adalah sholat idul adlha *

2. Hadits Nabi Muhammad saw :

أمرنا النبي صلى الله عليه وسلم أن نخرج في العيدين العواتق وذوا ت الخدور ، وأمر الحي ض أن يعتزلن

مصلى المسلمين .

Nabi SAW memerintahkan kepada kami pada saat sholat ‘id (Idul Fithri ataupun Idul Adha) agar mengeluarkan para gadis (yang baru beranjak dewasa) dan para wanita yang dipingit ,

Namun beliau memerintahkan para wanita yang sedang haid untuk menjauhi tempat sholat" (HR. Muslim).

C. Hukum sholat Id

Hukum sholat Id menurut pandangan imam Syafi'i dan imam malik adalah sunnah muakkadah(sunnah yg dikukuhkan) , ada pula yg berpendapat hukumnya fardlu kifayah karena sholat Id adalah sbagian dari syiar-syiar agama islam, maka meninggalkan sholat id adalah mempermudah urusan agama.

D. Tata cara Sholat Id

Tata cara sholat Id (Idul fitri atau Idul Adlha adalah sebagai berikut :

1.Niat sholat Idul fitri atau idul adlha .

Adapun niat sholat Idul fitri adalah sbb. :

اصلي سنة لعي د الفطر ركعتين مأموما / اماما لله تعالى .

Niat sholat idul Adlha :

اصلي سنة لعي د الاضحى ركعتين مأموما / اماما لله تعال ى .

2.Takbirotul ihrom dengan disertai niat sholat idul fitri atau idul adlha,

3.setelah takbirotul ihrom disunnahkan membaca do'a iftitah , maka hendaknya para imam sholat id setelah takbirotul ihrom jangan langsung takbir tujuh kali, tetapi hendaknya memperhatikan kesunnahan, yaitu diam sebentar dan membaca do'a iftitah .

4,membaca takbir tujuh kali, diantara takbir hendaknya ada jeda waktu sekedar bacaan surat ikhlas, dan sebaiknya membaca :

سبحان الله والحم د لله ولا ال ه الا الله والله اكبر .

5. kemudian sebelum mmbaca fatihah disunnahkan membaca ta'awwudz dg sirri.

6.Membaca Fatihah dg jaher bagi selain makmum.

7. Setelah Fatihah membaca surat dg jaher. Adapun surat yg dibaca di rekaat pertama adalah surat :Al-a'la, dan di rekaat ke dua surat Alghosyiah.

8.Kemudian ruku', i'tidal sujud, duduk, dan sujud ke dua kemudian bangun menuju reka'at ke 2 dg mmbaca takbir intiqolnya .

9. Membaca takbir 5 kali dengan mengangkat tangan di setiap kali bertakbir ,dan dianjurkan membaca dzikir sebagaimna di sela-sela takbir di rekaat pertama,

10. Membaca taawwudz kemudian baca fatihah dan seterusnya sampai selesai, sebagaimna sholat yg biasa kita lakukan.

E. Waktu melaksanakan sholat Id

Waktu melaksanakan sholat Id adalah mulai terbitnya matahari sampai dengan zawal(tergelincirnya matahari) ,

namun pelaksanaannya disunnahkan setelah irtifa'ussyamsi.(matahari naik sekedar satu tumbak atau kurang lebih 7 dziro' dalam pandangan mata) .

F. Khutbah Id

— Setelah sholat Id, disunahkan khutbah dua kali, dan tata caranya hampir sama dg khutbah jumu'ah,

— Yaitu : khotib Naik mimbar menghadap para jamaah dan mengucapkan salam kemudian duduk sebentar untuk istirohah kemudian berdiri menyampaikan khutbahnya.

— dalam khutbah yg pertama diawali dg takbir sembilan kali , dan khutbah ke dua disunnahkan diawali dg takbir tujuh kali.

— di antara dua khutbah disunnahkan duduk sekadar bacaan surat ikhlas,

— Dalam khutbah idul fitri disunnahkan menyampaikan materi ttg zakat fitrah .

dlm khutbah idul adlha menyampaikan ttg kurban.

G. Hal² lain yg perlu diperhatikan

— takbir 7 kali di rekaat yg pertama dan 5 kali di rekaat ke dua adalah tidak termasuk yg wajib dan tidak termasuk sunat ab'ab ,akan tetapi seperti sunat² hai'at yg lain, jadi kalau ditinggalkan tidak perlu diganti sujud sahwi.

— bagi orang yg sudah terlanjur membaca fatihah meskipun baru membaca basmalah walau belum sempurna , maka tidak usah mmbaca takbir, karena sudah habis waktu kesunahan mmbacanya.

— ketika hari raya idul fitri dan idul adlha disunnahkan bagi semua kaum muslimin-muslimat agar membaca takbir(takbiran) mulai terbenamnya matahari pada malam hari raya Id sampai saatnya Imam memulai sholat, takbir ini disebut takbir mursal,

Adapun bagi Yang tidak melaksanakan sholat Id sâma sekali boleh bẻrtakbir sampai waktu zawal

— ketika hari raya idul Adlha disunnahkan bertakbir setelah sholat, mulai setelah sholat subuh pada hari Arofah (tgl 9 Dzulhijjah) sampai setelah sholat Ashar pada akhir hari tasyriq (13 Dzulhijjah).

— Di hari raya itu hendaknya kita memakai pakaian yg terbagus, tidak dianjurkan harus pakaian yg warna putih.

Memakai pakaian yg paling bagus meskipun tidak berwarna putih lebih diutamakan dari pada pakaian yg berwarna putih tetapi tidak bagus.

Dalam hari Raya disunahkan mengutamakan memakai pakaian yg berwarna hijau dari pada warna putih, akan tetapi bukan harus hijau, warna apa saja juga baik.

قال ابن حجر في تنبيه الاخيار وق د امرنا صلى الله عليه وسلم بلبس اجودمانج د وان نتطي ب بأجو د مانج د

وان نلبس البيا ض .

نعم : في يوم العي د يقدم الاحسن غير الابي ض على الابي ض غير الاحسن . فيسن في يوم العي د تقديم

الاخضر على الابي ض لكن لاخصوصية للاخضر بل ك ا ذي لون كذلك . فان الخضرة افضل الالوان بع د

الابي ض .

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RUMUSAN JAWABAN PERTANYAAN-PERTANYAAN DI FORUM KAJIAN ILMU AGAMA ISLAM DI MASJID BAITURROHIM PRAMBATAN LOR

 RUMUSAN JAWABAN  ASILAH DALAM  FORUM KAJIAN ILMU AGAMA ISLAM DI MASJID BAITURROHIM PRAMBATAN LOR. MASALAH NO :1 TENTANG IMAM SUBUH YG TIDAK MEMBACA DO'A QUNUT.  Latar belakang mas'alah : Imam musholla di daerah kami, setiap jama'ah sholat subuh  sering sekali tidak membaca do'a qunut seperti  umumnya di masjid-masjid lain. Pertanyaan : 1.bagaimanakah hukum sholat makmum yg mengikuti imam yg tidak membaca qunut? 2. Bagaimanakah seharusnya, sikap makmum tsb? _(Sail :Bpk.Ali Sobri )_ Jawab : 1.Hukum membaca do'a qunut adalah sunah dan  termasuk bagian dari sunah ab'adl, jika ditinggalkan maka disunnahkan sujud sahwi . Maka karena itu, bermakmum kepada  imam yg tidak membaca do'a qunut hukumnya adalah sah, akan tetapi setelah imam salam , makmum tersebut disunnahkan sujud sahwi. 2. Apabila makmum tersebut masih ada kesempatan untuk  membaca do'a qunut maka ia masih disunnahkan membaca do'a qunut, _(jika dg  membaca do'a qunut,  makmum ...

HUKUM BERTATO DAN HUKUM MENGHILANGKANNYA SERTA KEABSAHAN MANDI DAN BERWUDLUNYA.

HUKUM BERTATO DAN HUKUM  MENGHILANGKANNYA SERTA KEABSAHAN MANDI DAN BERWUDLUNYA. 1.Latar belakang masaalah : Saya  mempunyai teman mahasiswa yang bertato, pada suatu ketika teman saya menyampaikan hal-hal yg mengganjal dalam hatinya  kepada saya, yaitu  tentang hukum bertato dan tentang keabsahan wudhu, mandi dan sholatnya bagi orang yang bertato,  Pertanyaan: A.bagaimana hukum bertato? B. apakah tato yg ada di tubuhnya wajib dihilangkan?  C.Apakah bertato bisa mencegah keabsahan wudhu /mandi  dan sholatnya? Sa'il : Faruq(Santri mahasiswa UMK) Jawab :  A. Hukum Menato/bertato (wasymu) adalah haram, dan sudah tentu keharaman ini jika dilakukan dg keinginannya sendiri di saat ia sudah mukallaf. Catatan : _(Bertato yaitu menusuk kulit dengan jarum sehingga keluar darah lalu diisi dengan zat pewarna atau zat warna biru dari pohon nila agar menjadi hijau atau biru karena bercampur darah yang keluar)_ B .tato wajib dihilangkan  ,jika  bertaton...

Ustadz Ahmad Wahid Mubarok. Prambatan lor Kaliwungu Kudus

 Alustadz, A. Wahid Mubarok,  pendiri Majlis Ta'lim Ziyadatul Khoir. (Wafat : Selasa  27 Juli 2021 H.), Dia adalah  pendiri Majelis ta'lim "Ziyadatul Khoirul " mush. Darussalam Prambatan lor Kaliwungu Kudus. Pak Ahmad Wahid Mubarok  adalah alumni madrasah Tasywiquttullab (TBS) mulai MI ,MTs dan lulus madrasah Aliyah . setelah itu melanjutkan studinya di ponpes Alhidayah Lasem yg di Asuh oleh KH.A.Syakir Ma'sum. Semasa hidupnya ia pernah aktif di GP. Anshor ranting Prambatan lor dan juga pernah menjabat ketua Remaja Masjid Baiturrohim Prambatan lor.  Di saat ia menjabat ketua remaja masjid Baiturrahim, dg merangkul dan menggerakkan para pemuda pada saat itu, dia mendirikan "Jam'iyyah Sholawat Nariyah dengan mendapatkan sanad dari KH.A.Syakir Ma'sum Lasem " .Jam'iyyah tersebut  diberi nama Jam'iyyah sholawat "Hubbur rosul". dg berharap semoga para anggotanya Istiqomah membaca sholawat kepada Nabi Muhammad Saw , karena tertanam dal...