Rumusan jawaban Masalah-masalah dlm acara pengajian Dialogis mlm 27 Rojab.
Pertanyaan :
1). Bagaimana hukum sholat Tarawih yang dikerjakan sebelum sholat Isya'?
Jawab : Mengerjakan sholat Tarawih sebelum sholat isya' adalah tidak Sah.
Referensi :Nihayatuzzain hal: 114.
ووقتها من صلاة العشاء ولو تقديما الى طلوع الفجر الصادق فعلم أن صحتها متوقفة على فعل العشاء.
Artinya: “ Waktu sholat tarawih adalah mulai setelah sholat isya’ meskipun dilakukan secara jama’ takdim (di waktu maghrib) sampai terbit fajar shodiq, maka diketahui bahwa keabsahan sholat tarawih tergantung pada pelaksanaan sholat isya’ .
2). Ada seseorang yg melaksanakan sholat Tarowih. Ketika baru melaksanakan 10 rekaat, ia beristirahat terlebih dahulu, kemudian ia ingin menyempurnakan 20 rekaat,
Pertanyaan :
Apakah ia harus mengulangi sholat tarawih lagi dari awal, atau cukup menambah kekurangannya?
Jawab :
Ia cukup menambah kekurangannya, karena dalam sholat tarowih tidak disyaratkan muwalah (berturut-turut). Bahkan kaum muslimin pada zaman dahulu ketika telah mengerjakan sholat tarawih 4 rekaat mereka beristirahat .
Referensi :
Fathul mu'in hal :33 .
قوله : (وصلاة التراويح ) وهي عشرون ركعة بعشر تسليمات في كل ليلة من رمضان لخبر من قام رمضان إيمانا واحتسابا غفر له ما تقدم من ذنبه ويجب التسليم من كل ركعتين فلو صلى أربعًا منها بتسليمة لم تصح بخلاف سنة الظهر والعصر والضحى والوتر وينوي بها التراويح او قيام رمضان وفعلها أول الوقت أفضل من فعلها اثناءه بعد النوم خلافا لما وهمه الحليمى وسميت تراويح لأنهم كانوا يستريحون لطول قيامهم بعد تسليمتين ..اهـ
Artinya: “…………….Dinamakan sholat tarawih, karena mereka (kaum muslimin) beristirahat setelah dua kali salam sebab lamanya berdiri dalam sholat……..”
3). Dalam sebuah sholat berjama'ah, makmum dan imam mempunyai keyakinan yang berbeda tentang jumlah rekaat sholat, makmum meyakini bahwa sholat yang dikerjakan sudah 4 rekaat, sedangkan imam meyakini bahwa sholatnya baru 3 rekaat, sehingga imam berdiri untuk menambahkan rekaat, dan pada saat itu makmum sudah mengingatkan dengan bacaan tasbih.
Pertanyaan :
1. Bagaimana seharusnya yang dilakukan imam pada saat itu?
2. Apakah ketika imam berdiri lagi menambah rekaat atas keyakinannya bahwa sholatnya memang baru 3 rekaat, ia disunnahkan sujud sahwi?
Jawab :
1. Imam harus melakukan apa yang menjadi keyakinannya, dalam hal ini harus menambah satu rekaat lagi, karena keyakinannya baru tiga rekaat.
2. Imam tidak disunnahkan dan tidak perlu sujud sahwi, karena imam yakin kalau hitungannya rekaat sudah benar.
Adapun jika saat itu imam dalam kondisi ragu atau bimbang dengan jumlah rekaatnya, maka disunnahkan sujud sahwi.
Referensi :
1. Tausyih Hal 112
1) قوت الحبيب الغريب (توسيخ) ص.١١٢ دار الكتب العلمية .
(وإذا شك المصلي فى عدد ما أتى به من الركعات كمن شك ) في الرباعية ( هل صلى ثلاثا أو أربعًا ) أو شك في الثلاثية هل صلى اثنتين أو ثلاثا أو شك فى الثنائية هل صلى واحدة أو اثنتين ( بنى على اليقين ) أي المتيقين (وهو) العدد (الأقل) لانه الأصل (كالثلاثة في هذا المثال) الأول (وأتى ) وجوبا (بركعة ) لأن الأصل عدمُ فعلها
2. I’anatuttalibin juz 1 hal 347:
2.) حاشية إعانة الطالبين ج ١. ص ٣٤٧ ، دار الكتب العلمية
(ولسهو ما يبطل عمده لا هو) أي السهو ،كتطويل ركن قصير ، وقليل كلام ،وأكل ، وزيادة ركن فعليّ،
قوله :(لانه صلى الله عليه وسلم صلىّ الظهر خمسا وسجد للسهو. ) دليل لسنية السجود لسهوه بزيادة ركن فعلي. وهو متفق عليه. وفي الكردي ما نصه : هذا دليل على ان زيادة الركعة سهوا لا تبطل الصلاة وإن أبطل عمدها ، وأنه يسجد لسهوها. اهـ
4). Bolehkah makmum yang melaksanakan sholat isya' mengikuti imam yang melaksanakan sholat Tarowih?
jawab :
Boleh / sah.
pendapat yang mu'tamad menurut Imam Romli : tetap mendapatkan fadlilah jama'ah.
Referensi :
1. Hasyiah jamal alal manhaj 562/563.
ويصح الاقتداء لمؤد بقاض ومفترض بمتنفل وفي طويلة بقصيرة. الخ
(قوله ويصح الاقتداء لمؤدالخ) اي ويحصل له فضل الجماعة في جميع هذه الصور على معتمد م ر اھ
(قوله ومفترض بمتنفل الخ) قتصح العشاء خلف التراويح كما لو اقتدى في الظهر بالصبح فاذا سلم الامام قام ليتم صلاته. الخ
2. Ihkamul ahkam juz 1 hal :49.
إحكام الأحكام شرح عمدة الأحكام ج.١ ص ٤٩
دار الكتب العلمية
كتاب الصلاة.
"أوسعها : الجواز مطلقا ، فيجوز أن يقتدي المفترض بالمتنفل وعكسه ، والقاضي بالمؤدي وعكسه سواء اتفقت الصلاتان أم لا ،إلا ان يختلف الأفعال الظاهرة، وهذا مذهب الشافعي.
5). Ada imam yang kakinya terkena najis, kemudian ada salah satu makmum mengetahui bahwa kaki imam benar-benar terkena najis,.
Pertanyan :
A. Apakah makmum yang sebelum sholat sudah mengetahui bahwa kaki imam terkena najis wajib mengingatkan imam?
B. Apakah jika sholat sudah selesai kemudian imam baru mengetahui kalau kakinya terkena Najis, wajib mengulangi sholatnya?
C. Dan bagaimana dengan sholat makmum yang di tengah-tengah sholat atau setelah sholat ia mengetahui bahwa kaki imam terkena najis?
Jawab :
A. Makmum wajib mengingatkan imam / orang yang terkena najis, karena konsep tersebut termasuk bentuk Amar Ma’ruf.
B. Imam wajib i'adah (mengulang sholatnya) karena hilang sebagian syarat sah sholat.
C. Makmum yang setelah sholat mengetahui kalau di kaki imam terkena najis maka ada perincian sbb:
*Jika najisnya berupa najis yang dhohir (nampak kelihatan) maka makmum wajib mengulang sholatnya, dan apa bila najisnya khofi (yang tidak kelihatan/hukmiyyah) maka. Makmum tidak wajib mengulangi lagi. Bu
*dan apabila mengetahuinya di tengah-tengah sholat. Jika najisnya adalah najis yg khofi(tidak nampak kelihatan/hukmiyyah) maka makmum seketika itu harus mufaroqoh dan boleh meneruskan sholatnya, akan tetapi jika najisnya adalah najis yang dhohir maka seketika itu sholatnya makmum batal.
Referensi:
Mahali juz 1 hal 212:
1.حاشيتان قليوبي وعميرة. (المحلي)
ج.١. ص.٢١٢. الحرمين.
(فرع) لو رأينا في ثوب شخص نجاسةً لا يعلمها وجب علينا إعلامه لأن الأمر بالمعروف لا يتوقف على العصيان،. بل هو كزوال المفسد، قاله الشيخ عز الدين بن عبد السلام. اهـ
2.حاشيتان قليوبي وعميرة. (المحلي)
ج.١. ص.٢١٢. الحرمين
(ولو صلى بنجس) غير معفوّ عنه (لم يعلمه) ثم علمه في ثوبه أو بدنه أو مكانه (وجب) عليه (القضاء فى الجديد) لان ما أتي به غير معتد به لفوات شرطه، والقديم لا يجب القضاء لعذره بالجهل. ( وإن علم ) بالنجس (ثم نسي ) فصلى ثم تذكر (وجب القضاء على المذهب) أى وجب قطعا الإعادة لتفريطه بترك التطهير
3)فتح الوهاب 530/1
لا ان بان ذا حدث ولوحدثا اكبر وذانجاسة خفية في ثوبه او بدنه فلاتحب الاعادة على المقتدي لانتفاء التقصير منه في ذلك.
بخلاف النجاسة الظاهرة وهي ما يكون بحيث لوتأملها المقتدي رآها والخفيه بخلافها. وحمل في المجموع اطلاق من اطلق وجوب الاعادة في النجاسة على الظاهرة.
4.حاشبة سايمان الجمل 530/1.
التحقيق أن الظاهرة هي العينية في اي موضع كانت والخفية هي الحكمية في اي موضع كانت اھ. سوبري.
5)حاشبة سليمان الجمل 528/1
قاعدة :كل مايوجب الاعادة اذا طرأ في الاثناء اوجب الاستئناف ولايجوز معه الاستمرار مع نية المفارقة وكل مالايوجب الاعادة مما يمنع صحة الاقتداء ابتداء عند العلم اذا طرأ في الاثناء لايوجب الاستئناف ويجوز معه الاستمرار مع نية المفارقة.
6) Dalam Hadits Nabi tentang sholat di malam Romadlon ada dawuh yg Artinya :
"aku khawatir jika sholat malam diwajibkan kepadamu" , yang menjadi alasan Nabi tidak keluar ke masjid pada malam itu,
Pertanyaan:
1. Apakah kejadian ini setelah peristiwa isro' mi'roj atau sebelumnya?
2. Jika kejadian itu setelah peristiwa isro mi'roj, apakah mungkin pada saat itu, ada kewajiban sholat lagi, padahal pada malam isro mi'roj sudah ditentukan sholat 5 waktu?
Jawab:
1. Kejadian itu terjadi setelah peristiwa isro' mi'roj Nabi Muhammad saw, tepatnya yaitu pada malam 23, 25 dan malam 27 bulan Romadlon tahun ke dua dari Hijroh.
2. Maksud dawuh Nabi saw "Aku khawatir bila sholat malam diwajibkan kepadamu kemudian kamu tidak mampu melaksanakannya" adalah :
a. Diwajibkannya sholat dalam setahun, sedangkan sholat lima waktu yang diwajibkan pada malam Isro' miroj adalah sholat sehari semalam, jadi tidak menafikan diwajibkannya sholat lain dalam setahun.
b. Atau yang dimaksud adalah diwajibkannya berjamaah di masjid.
Referensi :
Hasyiyah Jamal 489/1 .
روى الشيخان انه صلى الله عليه وسلم خرج من جوف الليل ليالي من رمضان وصلى في المسجد وصلى الناس بصلاته فيها وتكاثروا فلم يخرج لهم في الرابعة وقال لهم صبيحتها خشيت ان تفرض عليكم صلاة الليل فتعجزوا عنها.
(قوله ليالي من رمضان) وهي ثلاثة متفرقة الثالثة والعشرون والخامسة والعشرون والسابعة والعشرون وكان ذلك في السنة الثانية من الهجرة
(قوله خشيت ان تفرض عليكم صلاة الليل فتعجزوا عنها)اي بشق عليكم فعلها فتتركونها مع القدرة
— الى ان قال —
وفيه كيف يأتي هذا مع قوله ليلة الاسراء "هن خمس وهن خمسون لايبدل القول لدي
واجيب بان هذا في اليوم والليلة فلاينافي فرض شيئ أخر في العام. او ان المراد خشيت ان تفرض عليكم جماعة في المسجد. ويؤيده قوله في رواية اخرى "فصلوا أيها الناس في بيوتكم " فمنعهم من التجميع في المسجد اشفاقا عليهم
7). Bagaimana hukum bangkai cicak dan kotorannya?
Jawab:
Bangkai cicak atau kotorannya hukumnya adalah Najis.
Referensi :
1. Fathul mu'in hamis i'anah 89 juz 1 .
وكميتة ولونحو ذباب ممالانفس له سائلة خلافا للقفال ومن تبعه في قوله بطهارته لعدم الدم المتعفن كمالك وابي حنيفة.
فالميتة نجسة وان لم يسل دمها وكذا شعرها وعظمها وقرنها خلافا لابي حنيفة اذالم يكن عليها دسم.
وافتى الحافظ ابن حجر العسقلاني بصحة الصلاة اذاحمل المصلي ميتة ذباب ان كان في محل يشق الاحتراز عنه.
2. Fathul muin hamis i'anah 82 juz 1
فهو كروث وبول ولوكان من طائر وسمك وجراد ومالانفس لها سائلة
Komentar
Posting Komentar