Mensholatkan beberapa Janazah.
1. Diskripsi masalah:.
Pada saat terjadi bencana alam di salah satu daerah maka banyak para korban bencana yg meninggal dunia sehingga saking banyaknya korban yg meninggal dunia, maka sering sekali sholat janazah dilakukan untuk para korban yg telah meninggal dunia tersebut, bahkan ada yg dilakukan sholat satu kali untuk beberapa Janazah
Pertanyaan :
A. Bagaimana tata cara mensholatkan janazah lebih dari satu , baik dari segi cara niatnya atau peletakan janazahnya..?
Jawab :
cara mensholatkan Janazah yg lebih dari satu lebih afdlolnya adalah dg cara disholatkan satu-persatu .
Akan tetapi boleh disholatkan secara bersamaan ,
adapun niatnya adalah seperti contoh :
اصلي على هذه الموتى فرضا لله تعالى .
_Aku niat mensholatkan atas beberapa mayat ini fardlu karena Alloh_.
Tata cara meletakkan janazahnya yaitu :
— jika semua janazahnya itu laki-laki maka yg diletakkan dekat imam adalah mayat yg lebih utama karena kewiraiannya dan ketaatannya ,kemudian janazah lainnya di depannya lagi ke arah kiblat.
dan jika janazahnya campur ada yg laki-laki dan perempuan maka yg didekatkan dg imam adalah janazah lelaki dg urutan keutamaannya kemudian baru janazah perempuan , hal tersebut jika datangnya janazah dalam waktu yg bersamaan ,
dan apabila datangnya tidak bersamaan maka yg diperioritaskan di tempat yg dekat imam adalah janazah yg datang terlebih dahulu.
Referensi :
١. فتح الوهاب هامس حاشية جمل .ج:٢ . ص : ١٦٩ .
وان حضر موتى نواهم .اي نوى الصلاة عليهم .
قوله . نوى الصلاة عليهم .اي وان لم يعرف عددهم .
٢. المهذب ج :١ ص: ١٣٣.
فإن اجتمع جنائز قدم الى الامام أفضلهم . فان كان رجل وصبي وامرأة وخنثى قدم الرجل الى الامام ثم الصبي ثم الحنثى المشكل ثم المرأة لما روى عن ابن عمر رضي الله عنه انه صلى على تسع جنائز رجال ونساء فجعل الرجال ممايلي الامام والنساء ممايلي القبلة .وروى عمار ابن ابي عمار : ان زيدبن عمر بن الخطاب وامه أم كلثوم بنت علي بن ابي طالب رضي الله عنهما ماتا فصلى عليهما سعيد ابن العاص فجعل زيدا ممايليه وامه ممايلي القبلة ، وفي القوم الحسن والحسين وابوهريرة وابن عمر ونحو ثمانين من اصحاب محمد صلى الله عليه وسلم ورضي عنهم اجمعين . *والافضل ان يفرد كل واحد بصلاة* فان صلى عليهم صلاة واحدة جاز لان القصد من الصلاة عليهم الدعاء لهم وذلك يحصل بالجمع في صلاة واحدة .
٣. حاشية جمل ج :١ ص : ١٨٩
والحاصل انه عند اختلاف النوع يقدم الرجال ثم الصبيان ثم الخناثى ثم النساء مطلقا في المعية وغيرها وفي اتحاده يقدم في المعية بالفضل وغيرها بالسبق .تأمل ..!