Masalah no 1.
*Deskripsi Masalah :*
Pak Hamid yg berdomisili di desa Mayong kabupaten Jepara mempunyai anak yg nyantri di salah satu pesantren yg ada di kabupaten Tuban , pada suatu hari saat liburan, ia pergi menuju Tuban untuk menjemput anaknya yg ada di pesantren untuk diajak pulang , dalam perjalan menuju tuban ia mampir dahulu ke rumah kakeknya yg ada di desa Bareng Kudus, barangkali anaknya sudah diajak pulang sama pak leknya yg sama² nyantri di sana, namun ternyata benar anak pak Hamid sudah ada di rumah kakeknya , karena itu perjalanannya menuju Tuban tidak dilanjutkan , padahal ia sudah menjalankan sholat jama' di salah satu masjid di desa Prambatan.
Pertanyaan :
1.bolehkah dalam perjalanannya ,ia menjama' sholat ?
2. Apakah sholat yg sudah dijama' sebelum bertemu anaknya harus diulang kembali?
Jawab :
1.Dalam perjalanan pak Hamid sebelum bertemu anaknya di desa Bareng Kudus diperbolehkan menjama' sholat . Akan tetapi setelah bertemu anaknya tidak diperbolehkan menjama' sholat karena ia sudah membatalkan bepergiannya ke Tuban.
2.Sholat yg dijama' sebelum ia bertemu anaknya hukumnya sah dan tidak wajib diulangi lagi .
*Referensi :*
١. *مغني المحتاج . ج ١. ص: ٢٦٨*
ومن قصد سفرا طويلا فسار ثم نوى وهو مستقل ماكث رجوعا عن مقصده الى وطنه اوغيره للاقامة انقطع سفره سواء أرجع أم لا لان النية التي استفاد بها الترخص قد انقطعت وانتهى سفره فلايقصر مادام في ذلك المنزل كما جزموا به لكن مفهوم كلام الحاوي الصغير ومن تبعه انه يقصر وهو خلاف المنقول . *ولايقضي ماقصره اوجمعه قبل هذه النية وان قصرت المسافة قبلها*
*٢.كفاية الاخيار . ج :١ ص:١٤٢*
(فائدة) نوى مسافة القصر ثم نوى بعد خروجه أنه إن وجد فلانا رجع والا مضى فالاصح أنه يترخص مالم يلقه فاذا لقيه خرج عن السفر وصار مقيما . اه.
*٣.المجموع شرح المهذب ٤/٣٣٢ المكتبة الشاملة*
وَلَوْ نَوَى مَسَافَةَ الْقَصْرِ ثُمَّ نَوَى إنْ وَجَدَ الْغَرِيمَ رَجَعَ فَإِنْ عَرَضَتْ لَهُ هَذِهِ النِّيَّةُ قَبْل مُفَارِقَةِ عُمْرَانِ الْبَلَدِ لَمْ يَتَرَخَّصْ وَإِنْ عَرَضَتْ بَعْدَ مُفَارِقَةِ الْعُمْرَانِ فَوَجْهَانِ حَكَاهُمَا الْبَغَوِيّ وَالرَّافِعِيُّ (أَصَحُّهُمَا) يَتَرَخَّصُ مَا لَمْ يَجِدْهُ فَإِذَا وَجَدَهُ صَارَ مُقِيمًا لِأَنَّهُ ثَبَتَ لِسَبَبِ الرُّخْصَةِ فَلَا يَتَغَيَّرُ حَتَّى يُوجَدَ
[النووي، المجموع شرح المهذب، ٣٣٢/٤]
Komentar
Posting Komentar